Recent Posts

MAJELIS UMAT KEPERCAYAAN KAHARINGAN BERPUSAT DIHAMPANG KABUPATEN KOTABARU

Foto : Dalam Syukuran yang dilaksanakan di Balai Adat Kepercayaan Kaharingan Hampang

Kotabaru Kalsel. News Investigasi.com

Setelah diresmikan Dewan Musyawarah Pusat Ketua Majelis Umat kepercayaan Kaharingan di jakarta pada Tanggal 13 september 2017 sesuai kebijakan Presiden.

Sebelumnya 78 tahun lamanya Negara Indonesia sudah merdeka Umat kepercayaan Kaharingan sama sekali katakanlah tidak adil,dimana untuk saat ini sesuai kebijakan Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden dan sesuai Pancasila yaitu Sila ke 5 yang berbunyi, Keadilan Sosial bagi Seluruh Bangsa Indonesia.

Masyarakat Umat Kepercayaan Kaharingan, meliputi wilayah yang ada dikalimantan, penganut Kepercayaan Kaharingan yang terdiri dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Sangat berterimakasih dengan Pemerintah Pusat yang ada di jakarta terutama di wilayah Republik Indonesia, utama yang ada di Kalimantan sebelumnya tidak ada pengakuan pada umat Kaharingan,sesuai UUD 45 dan Lambang Negara kita Pancasila.

Berdasarkan Perintah dari Pusat dalam hal ini Presiden khususnya memerintahkan pada Kementerian untuk menindaklanjuti hal ini, maka terjadilah keputusan bersama,yang pada akhirnya dilaksanakanlah oleh Pemerintah Pusat, ke Pemerintah Daerah, sampai Pemerintah di Kecamatan, maka terjadilah Penataan untuk Orang-orang Kaharingan melalui Organisasi.

Penghayat Kepercayaan dengan diberi nama (MUKK) yang sekarang sudah dilegalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yang sekarang sudah ditanda tangani " Direktorat Kebudayaan Ibu Sri Hartini" pada tanggal 13 Desember 2017. Jadi sekian Tahun lamanya Proses itu berjalan, jadi ada perundingan Bahasa Umumnya,
"DO'A" dan atas Do'a itu maka dikabulkanlah Umat Kepercayaan sebagai Legalitas ditingkat Nasional.

Dan yang Pada intinya Syukuran berdasarkan atas Tutur Kata Permohonan maka pada tanggal 24 Maret 2018 dilaksanakanlah oleh kita sebagai bijas Kepercayaan Kaharingan Tingkat Nasional khususnya Wilayah Kalimantan, maka bagi pihak Warga Kepercayaan Kaharingan, mereka mau tau apa sih dan seperti apa Kronologis Perjalanan Majelis Kepercayaan Kaharingan sampai terjadi dan dilegalkan oleh Kementerian Pusat Jakarta 'kata Ketua Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Bapak. Sukirman.R.

Dalam Syukuran yang dilaksanakan di Balai Adat Kepercayaan Kaharingan Hampang, hadir Kepala KESBANGPOL H. Adi Sutomo dan didampingi Kabid Kesbangpol Ir. H. Bahrudin beserta Rombongan, dari Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru yang diwakili KUA, H. Husni Ilhami.Camat Hampang Kapolsek IPDA. Marjoko. SE, Bhabin Hampang, Bripka. Adi Purwanto, Kanit Patroli Sabara yang mewakili Polsek Hampang. Siput. Trias Sopwan, dan Kanit Intel. Brigadir,Sujarmanto.Kepala Desa 6 Kecamatan serta Ketua Adat, Penghulu Adat, Tokoh Masyarakat dan dari 6 Kecamatan yang ada, Kecamatan Hampang,Kecamatan Kelumpang Hulu, Kecamatan Pamukan Barat, Kecamatan Pamukan Utara, Kecamatan Sungai Durian serta Kecamatan Kelumpang Barat.

( M.Badrun )
editor: red

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.