Recent Posts

Desa Nunuk Baru di Majalengka, Dorong Potensi Wisata & Lestarikan Budaya

Foto : Kegiatan Nyiramkeun Pusaka Karajaan Nunuk.

News Investigasi.com--

Jawa Barat -Lestarikan seni dan budaya di Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka sejumlah warisan leluhur (Karuhun) berupa perkakas peninggalan kerajaan Nunuk terdahulu dibersihkan (Nyiramkeun).

Budaya ini dinilai masyarakat setempat banyak mengandung nilai seni budaya adiluhung atau tinggi mutunya dan bernilai tinggi. Mereka berharap, akan menjadi daya tarik periwisata.

Harapan itu disampaikan Kepala Desa setempat Sutrisno, ketika memberikan apresiasinya terhadap kegiatan Nyiramkeun Pusaka Kerajaan Nunuk, di Blok Babakan Desa Nunuk Baru.

"Kegiatan Nyiramkeun Pusaka Karajaan Nunuk, sudah menjadi agenda rutin masyarakat digelar setiap bulan Safar tepat pada tanggal 18 Oktober 2018 dan secara bersamaan, warga pun selalu melaksanakan kegiatan lainnya seperti guar bumi dan pereresan (Syukuran)." kata, Sutrisno.

Sejumlah pemerhati dari Yayasan Viarawangi Edelweis ikut mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Potensi ini tentu mendorong masyarakat untuk menghargai warisan budaya leluhur Nunuk yang dinilai memiliki nilai budaya yang tinggi, supaya bisa dilestarikan kepada generasi kini." ujar, Fani Maria.

( Nurokhman )
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.