Recent Posts

Papan SEGEL di Kalideres Diduga Dijadikan Ajang Pungli

News Investigaai.com,Jakarta --Menjamurnya bangunan yang melanggar Peraturan Daerah (Perda) di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat berbuntut pada penyegelan oleh Satuan Pelaksanan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) terhadap obyek bangunan.

Namun berbeda dengan bangunan gudang yang berlokasi di Kecamatan, Kalideres. Pasalnya ada yang istimewa dengan kondisi bangunan tersebut. Bangunan yang sebelumnya sudah dipasang segel, kini pembangunannya terus berjalan.

Lalu, bagaimana dengan segel yang sudah terpasang? Apa hanya akan menjadi pajangan dan munjukkan kebobrokan aparat penegak Perda di wilayah setempat. Artinya pemilik menganggap sepele segel tersebut. Atau memang sudah dikondisikan.

Awak media News Investigasi.com menyayangkan lemahnya pengawasan dan penindakan oleh aparat penegak Perda yang dalam hal ini Satpol PP setempat. Sehingga pelaku pelanggaran Perda terus melenggang seolah-olah tidak diindahkan dan dianggap angin lalu. Karena itu, awak media menduga ada persengkongkolan antara pemilik bangunan dengan aparat setempat.

"Sebelum disegel biasanya petugas memberikan Surat Peringatan (SP), penyegelan kemudian Surat Perintah Bongkar (SPB). Penindakan ini diatur dalam Peraturan Daerah Propinsi DKI Jakarta Nomor 7 tahun 2010 tentang Bangunan Gedung, Peraturan Daerah Propinsi DKI Jakarta nomor 1 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang wilayah 2030 dan Peraturan Daerah Propinsi DKI Jakarta nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Juncho, Peraturan Gubernur Propinsi DKI Jakarta nomor 128 tahun 2012 tentang Pengenaan sanksi Pelanggaran Penyelenggaraan bangunan gedung.

Sungguh ironis bangunan yang disegel seakan tidak ada pengaruhnya. Papan segel yang di tempel di dinding bangunan yang bermasalah seakan terkesan seperti papan iklan terpampang rapih. Bahkan sebagian bangunan yang disegel sudah menjadi rumah dan gudang.

Segel yang sejatinya sudah di atur oleh Perda untuk memberhentikan kegiatan pembangunan justru terkesan ada lampu hijau dari oknum petugas untuk melanjutkan kegiatan pembangunan.

"Kami sudah menyusuri ke pihak-pihak terkait, namun bangunan itu masih dikerjakan. Padahal menurut keterangan petugas Citata sudah disegel. Tetapi kenyataannya saat ini bangunan sudah hampir selesai. Lalu siapakah yang bermain drama saat ini?" ...

( Ginting )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.