Recent Posts

Pembangunan MCK dan Ipal Kominal Akan di Bangun dikalideres

News Investigasi.com,Jakarta --Pemkot Jakarta Barat mengadakan verifikasi lapangan (verlap) rencana usulan pembangunan MCK dan Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Komunal di wilayah Kecamatan Kalideres, Jumat (15/10)

Rencana pembangunan MCK dan Ipal Komunal dilatarbelakangi banyaknya rumah warga yang tidak memiliki septic tank.

Camat Kalideres Naman Setiawan menjelaskan, usulan pembangunan MCK dan Ipal Komunal itu terdapat pada tujuh titik yang tersebar di lima wilayah Kelurahan.

"Dari jumlah itu, ada dua titik usulan masing-masing dibangun di dua wilayah Kelurahan," ucapnya.

Pembangunan IPAL Komunal  merupakan usulan dari masing-masing Kelurahan.

"Usulan ini tentunya melihat kondisi di lapangan. Artinya, permukiman warga yang belum memiliki septic tank," jelas Naman.

Berdasarkan verifikasi lapangan, terdapat satu usulan rencana pembangunan IPAL komunal yang dinilai tidak layak. Karena, lokasi pembangunannya berada di dalam rumah warga.

"Kami akan kordinasikan kembali sekaligus evaluasi dari hasil verifikasi lapangan oleh tim Walikota," terangnya.

Diinformasikan, masih ada 1600 rumah warga di wilayah Kecamatan Kalideres yang tidak memiliki septic tank. Terbanyak wilayah kelurahan Tegal Alur ada 618 rumah.

Menyikapi hal itu, kata Naman, bahwa jumlah rumah warga yang tidak memiliki septic tank tersebar di lima wilayah Kelurahan di Kecamatan Kalideres.

Permasalahan ini tentunya disebabkan sejumlah faktor, diantaranya kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat juga terbatas lahan untuk membangun septic tank.

"Beragam alasan, karena lahan sempit, dan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat," bebernya

Dirinya pun tak menampik bila masalah ini menyulitkan pemerintah dalam membangun pemerataan septic tank komunal.

Meski begitu, pihaknya terus berupaya mendorong warga untuk memiliki septi tank di rumahnya. Sosialisasi untuk stop buang air besar sembarangan juga dilakukan pihak puskesmas Kalideres.

"Kami berharap masyarakat yang memiliki lahan lebih bisa dibangun septic tank komunal. Nantinya bisa dikelola pemilik lahan atau dikasih pihak yang dipercayakan," imbuhnya.
( Ginting)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.