Recent Posts

As.Sisca Pradita : Banjir Dimana-mana Sebaiknya Jangan Cari Kambing Hitam Apalagi Menyalahkan Pemimpin/Gubernur

As.Sisca Pradita.SH ( Pemempin Redaksi News Investigasi.Com )

Editor : Syaiful Bahri

Editorial : As.Sisca Pradita : Banjir Sebaiknya Jangan Cari Kambing Hitam Apalagi Menyalahkan Pemimpin/Gubernur.

News Investigasi.com ----

Musibah kebanjiran diberbagai daerah sangat memikukan bagi warga masyarakat.

Dari musibah kebanjiran tersebut bukan nya merugikan secara materi,Moril hinggga sampai merengkut nyawa manusia.

Banjir yang mengenang Ibu kota dan sempat melumpuhkan beberapa aktifitas Ibu kota menimbulkan berbagai reaksi. 

Salah satunya adalah sorotan kepada pemimpin gubernur baru ibu kota, ada yang menyalahkan, ada yang meminta tanggung jawab dan ada bahkan ada juga yang menilai tidak bisa mengatasi masalah banjir ibukota. Jum'at )3-1-2020)

As.Sisca Pradita.SH ( Pemimpin Redaksi News Inveatigasi.com ) atas sorotan tersebut beliau mengatakan 

Musibah banjir ini karena akibat perbuatan kita sendiri.Segala musibah dan kesusahan dunia adalah disebabkan dosa kita dan akibat perbuatan manusia sendiri. 

Sehingga tidak layak kita saling menyalahkan dan mencari kambing hitam atau penyalahkan pemimpin/Gubernur kepala daerah.

"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia.

Untuk musibah banjir ini maka janganlah rakyat menyalahkan pemimpin saja.  Karena banjir bukanlah salah pemimpin semata tetapi akibat pola hidup masayarakat juga, misalnya tidak menjaga kebersihan dan datangnya orang yang merantau dari berbagai daerah sehngga memenuhi tempat dan lahan.

Jika rakyat lurus, maka akan lurus juga penguasa mereka. Jika rakyat adil, maka akan adil pula penguasa mereka. Namun, jika rakyat berbuat zholim, maka penguasa mereka akan ikut berbuat zholim. Jika tampak tindak penipuan di tengah-tengah rakyat, maka demikian pula hal ini akan terjadi pada pemimpin mereka. 

Setiap musibah pasti ada hikmahnya agar manusia intropeksi dan muhasabah. Tidak mungkin Allah menurunkan musibah agar manusia musnah dan agar manusia mengalami kesusahan saja.

Sisca juga minta semua pihak tidak saling menyalahkan menyusul peristiwa banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Lebak, Bandung Barat, dan Karawang.

Karna banjir tersebut terjadi akibat penggundulan hutan, penyempitan dan pendangkalan sungai, hingga pembangunan yang jor-joran. "Banjir terjadi di mana-mana, tidak usah saling menyalahkan karena ini kesalahan kolektif bersama.

"Mari benahi tata ruang, perbaiki tata bangunan. Selamatkan lingkungan," kata sisca.

Diketahui, banjir bandang menerjang sejumlah daerah di DKI Jakarta,Tangerang,Banten,Depok,Bekasi,Karawang,Kabupaten Bandung Barat.

Jika ingin menyalahkan jeleknya kepemimpinan pemimpin, maka rakyatnyalah yang lebih dahulu mengintropeksi diri. Karena pemimpin adalah cerminan dari rakyatnya.

Ada baiknya kalau musibah ini, kita sama-sama saling mengingatkan dalam kesabaran, tidak saling menyalahkan dan berusaha mencari jalan keluar.

Kepada pemimpin /Gubernur kepala daerah mari benahi tata ruang, perbaiki tata bangunan. Selamatkan lingkungan kita masing-masing daerah,jangan sampai musibah kebanjiran ini menimpah warga msyarakat kembali Ujarnya Sisca.



( Redaksi News Investigasi.com )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.