Recent Posts

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana,Tanam 1400 Pohon Di Hutan Kemayoran Jakarta Pusat

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana


News Investigasi.comJakarta ---

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana melakukan kegiatan menanam 1.400 pohon untuk mencegah banjir. Kegiatan diselenggarakan bersama Kodam Jaya, dan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI di Hutan Kota Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1).

Dalam sambutannya Nana mengatakan kegiatan ini merupakan inisiasi Kapolri Jenderal Idham Azis bekerja sama dengan Forkopimda DKI serta Kementerian Lingkungan Hidup.

"Acara gerakan penanaman 1.400 pohon ini juga sebagi perkenalan saya selaku Kapolda Metro yang baru karena baru dua hari pada Senin tanggal 7 kemarin, saya sertijab selaku Kapolda Metro Jaya," kata Nana di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Nana menuturkan, DKI Jakarta yang hampir setiap tahun terjadi bencana banjir harus segera ditangani. Ia yakin salah satu cara efektif mengatasinya adalah dengan menanam pohon.

"Memang menanam pohon ini merupakan upaya kita, sebagai diketahui dalam beberapa bulan sebelumnya kita mengalami pemanasan global, dan menghadapi musim kemarau yang cukup lama di Indonesia," ucap Nana.

"Kita harus ada upaya maksimal, semakin banyak penghijauan, semakin baik karena daya serap pohon terhadap air itu sangat bagus," tambahnya.

Selain mampu mencegah banjir, gerakan menanam pohon mampu diyakini bisa mengurangi polusi udara di Jakarta. Nana mengaku cukup prihatin dengan polusi udara di Jakarta.

"Pohon juga bisa serap polusi di Jakarta karena kita tahu polusi Jakarta cukup darurat ya, maka semakin banyak pohon gas CO2 bisa diserap itu tujuan Polri bagian pemerintahan dan sebagai TNI juga lakukan yang sama kita sinergi lakukan yang terbaik untuk masyarakat," ujar Nana.

Sementara Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi menuturkan ada beberapa jenis pohon yang ditanam. Selain itu dalam kegiatan ini juga dilakukan pelepasan 2.000 benih ikan nila.

"Pohon terdiri dari jambu, sirsak, matoa, mahoni, jati, dan lain-lain. Pohon ini sumbangan atau bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain menanam pohon, juga kita lepas 2 ribu ekor bibit ikan yang bantuan dari Wali Kota Jakut (Sigit Wijatmoko)" kata Budhi.

Budhi menjelaskan Hutan Kemayoran dipilih karena lokasinya cukup luas dan strategis.

"Wilayah ini dulu lahan tidur luasnya 23 hektare. Atas inisiatif pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sekretariat Negara melalui PPK Kemayoran dicoba difungsikan kembali untuk menambah ekosistem yang ada di Jakarta Utara," tutur Budhi.

Dia juga mengatakan kegiatan ini diganjar rekor muri karena dilakukan secara serentak dan bersamaan.

"Beberapa pihak yang hadir dalam kegiatan ini yakni Walkot Jakut Sigit Wijatmoko dan perwakilan TNI," pungkas.

( AS )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.