Recent Posts

Air Limbah Sablon Di Kel.Tegal Alur, Sangat Membahayakan Warga Masyarakat

Ketua LSM Patroli Hukum Indonesia bersama Sudin Kebersihan dan lingkungan Hidup meninjau pembuang limbah di jalan Bakti 2 RT 07 RW 02 Nomor 52 Kelurahan Tegal alur Kecamtan Kalideres Jakarta Barat


News Investigasi.com,Jakarta--

Pencemaran limbah industri perumahan Sablon  di Jalan Bakti 2 RT 07 RW 02 Nomor 52 Kelurahan Tegal alur Kecamtan Kalideres Jakarta Barat pencemaran air limbah dinilai sangat mengkhawatirkan.

Selain mencemari lingkungan, limbah juga berdampak buruk pada masalah kesehatan masyarakat di sekitarnya.

Di wilayah tersebut, warga mengeluh sering merasakan gatal-gatal,warga mengeluh sering sesak napas.Senin (10/02/2020).

Ketua Lembaga swadaya masyarakat ( LSM ) Patroli Hukum indonesia Bapak Eben Ezer N, SH yang datang kelokas bersama Sudin Kebersihan dan Lingkungan Hidup Jakarta Barat Bapak Pramita.SH,sangat menyayangkan keberadaan industri perumahan sablon tersebut.

Keberadaan industri perumahan sablon tersebut  yang berada di Jalan Bakti 2 RT 07 RW 02 Nomor 52 Kelurahan Tegal alur Kecamtan Kalideres Jakarta Barat,apa lagi keberadaan Industri Perumahan Sablon telah melanggar Undang-undang nomor 32 tahun 2019 tentang pengelolah lingkungan Hidup yang sudah sangat mengkwatirkan limbah yang dikeluarkan melalui Grenase warga masyarakat sekitar.

Eben juga menyayangkan sikap dari pemilik industri perumahahan sablon tersebut yang telah didatangi oleh petugas LSM dan Sudin tersebut,malah seakan-akan tidak berdosa dan mengabaikan tentang limbah sablon.

Sedangkan keberadaan industri perumahan sablon tersebut berdiri sejak sepuluh tahun (10) tidak memiliki izin.

Eben juga mengatakan tidak hanya dari resapan air, pencemaran juga bisa disalurkan melalui limbah tersebut dan secara spesifik bisa menimbulkan  penyakit dari pencemaran limbah tersebut.Jangan sampai imbas atau efek terhadap kualitas lingkungan yang terjadi pada masyarakat.

Dan kepada instansi terkait Dinas maupun Sukudinas Kebersihan dan lingkungan Hidup  Jakarta Barat harus tegas jangan sampai mengabaikan Industri perumahan Sablon tersebut yang mengakibatkan Lingkungan Hidup masyarakat , terutama pada kualitas lingkungan emisi atau sumber pencemaran.

"Harus dilakukan pemeriksaan kualitas lingkungan secara menyeluruh, baik udara, air, tanah maupun manusia dan mahhluk hidup lainnya seperti tanaman di sekitarnya yang dimungkinkan terkena dampak pencemaran," jelasnya.

Dari hasil tersebut dilakukan kajian guna pengambilan langkah yang harus dilakukan baik jangka pendek, menengah dan panjang.

Disamping itu,, perlu adanya edukasi pada masyarakat terutama pengusaha, pekerja serta warga sekitarnya tentang bahaya industri yang pengelolaannya tidak sesuai standar, sehingga berakibat mencemari lingkungan.Ujarnya Eben.

(AS)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.