Recent Posts

Terminal Kalideres Gelar Sosialisasi Antisipasi Wabah Virus Covid-19 (Corona)

Kepala Terminal Kalideres Jakarta Barat, Revi Zulkarnaen mengatakan, pihaknya sebagai pengelola terminal bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Kalideres, Sudin Perhubungan dan Polsek Kalideres melakukan sosialisasi kepada para pengguna jasa diterminal Kalideres

News Investigasi.com,Jakarta--


Dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap soal ancaman merebaknya wabah virus corona (Covid-19), Dishub Terminal bus Kalideres Jakarta Barat, menggelar sosialisasi kepada para karyawan PO, Pedagang kios dan para penumpang yang ada di loket terbus tersebut, Jumat 6/3.

Sosialisasi yang tujuannya untuk mengantisipasi soal virus wabah corona itu melibatkan sejumlah petugas, baik dari Pospol terminal, pihak Puskesmas Kecamatan Kalideres, Polsek Kalideres dan Sudinhub Jakarta Barat.

Dari pantauan media News Investigasimcom dilokasi terminal bus Kalideres, pihak Puskesmas Kecamatan Kalideres dr.Yusak Dwi memberikan penjelasan kepada para karyawan PO, Pedagang Kios dan para penumpang, serta pengemudi dan kondektur agar bagaimana cara mangantisipasi serta melakukan pencegahan terkait merebaknya wabah virus tersebut.

Selain mempraktekan metode pencegahan merebaknya virus corona itu, dr. Yusak juga menyarankan kepada masyarakat agar tidak panik dahulu dalam menghadapi adanya permasalahan tersebut.

"Saya sarankan untuk masyarakat jangan panik dahulu. Secara general kita tau virus corona ini gejalanya seperti demam, batuk, filek, sakit tenggorokan, letih lesu.

Dan bagaimana cara mencegah merebaknya wabah penyakit itu, kalau masyarakat yang mengalami gejala yang saya sebutkan tadi, atau jangan berpergian ditempat tempat keramaian atau umum.

Tinggalah dirumah selama dua minggu, kalau misalnya terpaksa berpergian, gunakan masker atau kalau tidak menggunakan masker, gunakan etika budaya.

 "Misalnya kalau batuk, gunakan lengan atau baju supaya tidak keluar air batuk yang bisa menularkan pada orang orang disekitar kita. Pencegahan penyebaran Covid -19 yang efektif adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,"ujarnya.

Dikatakan dr Yusak, Hand Sanitizer dengan kadar alkohol 70-80 persen adalah juga untuk alternatif hanya bila tidak ada air.

Kepala Terminal Kalideres Jakarta Barat, Revi Zulkarnaen mengatakan, pihaknya sebagai pengelola terminal bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Kalideres, Sudin Perhubungan dan Polsek Kalideres melakukan sosialisasi kepada para pengguna jasa diterminal Kalideres.

Revi mengayakan, sosialisasi tersebut berdasarkan surat edaran Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta No 10 Tahun 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi Corona Disease (Copid- 19), pada angkutan umum diwilayah DKI, khususnya Terbus Kalideres Jakarta Barat. Dan surat edaran kepada Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan Provinsi DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020, Tentang Upaya pencegahan untuk mengantisipasi penularan infeksi Corona Disease (Covid-19), dilingkungan terminal penumpang wilayah Provinsi DKI Jakarta.

"Kita juga melakukan pemasangan  poster dan selebaran dalam angkutan umum diterminal bus Kalideres mengenai bahaya,cara penularan dan cara pencegahan yang dapat dilakukan sebagai antisipasi." Kita lakukan sosialisasi ini agar para pengguna jasa terminal Kalideres merasa aman dan nyaman,"katanya.

( Bambang.PR )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.