Recent Posts

Hambali.SH : Kampung Siaga Harus Sampai Ke Level RW Dalam Pencegahan Covid-19

Hambali.SH.

News Investigasi.com,Jakarta--

Wabah Virus Corona atau Covid-19, yang sampai ini masih sangat menakutkan dan mengkwatirkan bagi warga masyarakat Indonesia.

Dampak dari penyebaran wabah Virus Conona atau Covid-19 ini, warga masyarakat sudah sangat menderita dan sengsara.

Pimpinan media Fakta Bapak Hambali beliau angkat bicara mengenai Kampung Siaga Covid-19 agar terputus nya mata rantai virus tersebut.

"Pemerintah kita dorong untuk membentuk kampung Siaga covid -19, ini berdasarkan arahan dari kementrian dalam negeri," ungkapnya. Jumat (17/4/2020).

Jadi, lanjut Hambali. Ketika karantina wilayah ini tidak bisa dijalankan dikarenakan belum mendapat rekomendasi dari pusat, maka pemerintah mengambil sebuah kegiatan yang dinamakan kampung siaga covid 19, yang berbasis RW.

"nah ini memang harus kita dorong karna masyarakat harus memahami betul karakteristik wabah virus corona ini, yang perlu di lakukan pemerintah adalah edukasi sampai ke level RW pada Warga dan masyarakat, tidak hanya sekedar alat peraga yang Sudah bertebaran, at home, phisichal distancing, gerakan masyarakat beresin pola hidup bersih dan sehat, ini tidak cukup jika hanya dengan alat alat peraga saja yang Sudah di lakukan pemerintah termasuk masyarakat dan juga di sosial media yang Sudah di sampaikan edukasi dalam bentuk arahan arahan di level RW harus Ada kebersamaan yang di bangun," jelasnya.

Dirinya juga berharap ketika menyikapi ada orang yang termasuk dalam kategori ODP (orang dalam pengawasan) tentunya mereka harus menyadari bahwasanya mereka harus nya tidak boleh keluar Rumah karena mereka Sudah masuk dalam kategori orang dalam pengawasan.

"mereka sebenarnya nya harus di backup dari sisi salah satunya kebutuhan logistik, kebutuhan makan mereka, jika sudah sampai di level RW tentunya pemerintah tidak akan sanggup, baik itu pemerintah pusat maupun provinsi, sehingga perlu di bangun kebersamaan untuk saling tolong menolong sehingga yang menjadikan salah satu pertimbangan kenapa harus dibentuk kampung siaga berbasis RW, termasuk juga memberikan edukasi kepada warga dan masyarakat di ruang lingkup RW terkait dengan covid-19 termasuk juga menggerakan partisipasi warga Dan masyarakat untuk bisa lebih peduli," harapnya.

Hambali menambahkan, Dirinya tetap akan mendorong dan sellau mensuarakan kepemerintah untuk  memberikan kontribusi yang konkrit kepada warga dan masyarakat terdampak virus corona. Tapi dengan keterbatasan anggaran dan berbagai macam proses yang harus dilakukan.

"sementara wabah ini tidak melihat proses itu dan tidak memandang waktu, sehingga memang harus ada kebersamaan di lingkup RW," pungkasnya.

( AS)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.