Recent Posts

As.Sisca Pradita.S.H : Media Massa/Online Harus Perhatikan Kode Etik Peliputan

As.Sisca Pradita.S.H ( Pimpinan Redaksi News Investigasi.com

News Investigasi.com,Jakarta--

Berkembang nya media massa atau media online yang ada dinegara kita cintai.

Pimpinan Redaksi News Investigasi.com As.Sisca Pradita.S.H,sangat prihatin terhadap para wartawan dan jurnalis yang masih belum memperhatikan tupoksinya sebagai wartawan atau jurnalis.Jum'at ( 26/06/2020).

Terlepas kita dilindungi UU Nomor 40 tahun 1999 tentang kebebasan PERS,media masa,media online atau media elektronik harus memerhatikan kode etik jurnalistik dalam peliputan tentang kasus apapun yang dilihatnya.  

"Media massa memiliki fungsi sebagai penyampai informasi, pendidikan dan sosial kontrol yang berimbang.".

Oleh karena itu, dalam pemberitaan mengenai kasus peliputan apapun di Indonesia, media massa atau media online maupun elektronik perlu memerhatikan sejumlah ketentuan. Ketentuan-ketentuan tersebut antara lain bahwa media massa perlu memegang teguh prinsip-prinsip kode etik jurnalistik seperti memberitakan secara akurat, berimbang, selalu menguji informasi, tidak beriktikad buruk serta dilakukan secara proporsional.  

Lebih lanjut, media massa juga diimbau untuk tidak memberitakan kasus kasus secara berlebihan sehingga melupakan prinsip-prinsip dasar dalam kode etik jurnalistik.  

"Media massa harus memperhatikan kepentingan publik yang lebih luas sebelum memuat berita atau laporan mengenai kasus liputan apapun,".

Melalui ruang redaksinya, media massa perlu menjaga ketertiban masyarakat sehingga dalam laporan dan pemberitaan tentang kasus liputan apapun tidak menimbulkan kepanikan masyarakat. 

Keprihatinan sudah banyak wartawan atau jurnalis yang kejerat dengan hukum,karna menyalahgunakan profesi sebagai alat sosial control." Ingat kita semua tidak ada yang kebal Hukum"

Sisca menambahkan ingat kita adalah pahlawan bagi warga masyarakat dan rakyat Indonesia "Jangan Cacatkan Profesi kita yang mulia untuk kepentingan pribadi ".tegasnya Sisca


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.