Recent Posts

Ini Sosok Hengki Haryadi Peraih Penghargaan Terbaik Umum Sespimti Polri Dikreg ke-29

Kombes Pol Hengki Haryadi


News Investigasi.com, Jakarta--

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono melantik para peserta Sespimti Polri ke-29 dan Sespimmen ke-60 TA 2020, Kamis (22/10/2020) kemarin.

Ada 14 peserta Sespimti dan Sespimen lulusan terbaik yang mendapatkan penghargaan, salah satunya Kombes Pol Hengki Haryadi. Ia meraih penghargaan Terbaik Umum untuk peserta didik Sespimti Polri Dikreg ke-29.

Diketahui, Hengki Haryadi, pria asal Palembang Sumatera Selatan yang lahir pada tanggal 16 Oktober 1974, mengenyam pendidikan di SD Xaverius Metro hingga SMPN 1 Metro Lampung dan menjadi salah satu perwakilan pertama di SMA Taruna Nusantara.

Semasa SMA, Kombes Hengki Haryadi juga pernah menjadi Paskibraka bergengsi yang ikut menaikkan bendera di Istana Presiden. Hengki tercatat sebagai Purna Paskibraka Indonesia (PPI) tahun 1991.

Saat itu, Hengki terpilih sebagai Komandan Kelompok 8, tim inti yang bertugas mengibarkan sang Merah-Putih. Ia mendapatkan tugas untuk menarik dan mengibarkan bendera.

Hengki lulusan SMA Taruna Nusantara yang kemudian melanjutkan pendidikannya ke Akademi Kepolisian di Semarang.

Hengki lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1996.

Dari Akademi Kepolisian, Hengki melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), sekarang STIK. Dia lulus pada tahun 2004.

Hengki juga pernah belajar International Law Enforcement Academy tahun 2010

Hengki diketahui sudah pernah menduduki sejumlah jabatan sebelum akhirnya menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat.

Secara kedinasan Hengki juga pernah menjabat dalam jajaran kepolisian daerah Lampung, diantaranya Kasatreskirm Polres Tulang Bawang, Kapolsek Tbs Poltabes Bandar Lampung, Kasatreskrim Poltabes Bandar Lampung, dan Kanit Jatanras Polda Lampung yang telah banyak menoreh prestasi hingga akhirnya Hengki menjabat Kapolres Metro Jakarta Barat.

Pada masa kepemimpinannya menjadi Kapolres Metro Jakarta Barat, Hengki sempat menjadi perhatian karena prestasinya menumpas aksi premanisme di tempat wilayahnya bekerja. Salah satunya dua kali menangkap preman kelas kakap Hercules.

Dirinya berani untuk menjebloskan Hercules ke penjara karena tidak ingin masyarakat tercekam dengan keberadaan para preman. Selain itu, ia juga menggarisbawahi, Negara tidak boleh kalah melawan preman.

Selain itu juga, di masa kepemimpinannya, Polres Metro Jakarta Barat pernah mengungkap narkoba senilai Rp 390 miliar pada 2019.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Hengki pernah menduduki beberapa jabatan di kepolisian.

Berikut ini sejumlah jabatan yang pernah diduduki Kombes Hengki Haryadi:

– Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat Polda Metro Jaya

– Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Polda Metro Jaya (2012)

– Kapolres KP3 Tanjungpriok Polda Metro Jaya (2014)

– Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya (2016)

– Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri (2017)

– Kapolres Metro Jakarta Barat Polda Metro Jaya (2017). 

( AS )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.