Recent Posts

Pemkot Jakbar Tutup Mata, Puluhan Tahun PKL di Pasar Pesing Rampas Penggunan Jalan

Pasar Pesing

News Investigasi.com, Jakarta--

Pungutan liar 'terang-terangan' di jalanan kembali dipertontonkan di kawasan Pasar Pesing, Kedoya Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Pungutan liar itu diduga menjadi ajang bisnis oleh sekelompok oknum yang memperkaya diri sendiri.

Bagaimana tidak, puluhan tahun Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berlokasi di pasar Pesing Koneng RW 01 dan RW 02 Kelurahan Kedoya Utara Kecamatan Kebon Jeruk tak sedikitpun tersentuh aparat.

Padahal, sudah sangat jelas mereka (PKL) menjajakan barang dagangannya di atas trotoar hingga merampas pengguna jalan.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat dibawah pimpinan Tamo Sijabat 'melempem' dan angkat koper bila berhadapan dengan PKL yang berlokasi di Pasar Pesing Kedoya Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Rini (42), salah satu pengendara yang melintas di Jalan tersebut mengatakan, keberadaan PKL di kawasan Pesing sudah sangat lama. Keberadaan PKL itu jelas sangat meresahkan.

"Seharusnya kan, jalan seputar itu harus bebas dari PKL apalagi mereka (PKL) berjualan di atas trotoar. Parahnya lagi ini kan pemerintah menerapkan PSBB. Tapi di sini kok banyak dan dengan leluasa berjualan," ujar dia, Jumat (30/10/2020) malam.

Pantauan di lokasi, klakson kendaraan terdengar bersahut-sahutan. Para pengendara juga saling salip berharap bisa melintas kemacetan.

Marbut (44) misalnya, dia mengeluhkan kemacetan yang menurutnya terjadi sejak pagi. Memang, ruas jalan ini dikenal dengan kemacetannya. Namun kemacetan bertambah parah sejak ruas jalan dijadikan pedagang buat menjajakan dagangannya di atas trotoar.

"Iya macet banget ini," katanya.

Syarif (50), warga Kelurahan Kedoya Utara mengatakan, keberadaan PKL pada dua sisi jalan sudah lebih dari 10 tahun.

"Tapi seperti biasa, tak lama pasca-penertiban akan kembali ditempati PKL. Kayanya sudah menjadi 'surga' bagi aparat," keluh Syarif.

Sekedar diketahui, Pedagang Kaki Lima (PKL) kembali memenuhi Jalan Pesing Koneng, tepatnya di sepanjang Pasar Pesing Koneng, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Akibatnya, selain tampak kumuh dan kotor, kedua sisi jalan menjadi macet.

Sebanyak puluhan PKL tampak menempati ruas jalan sepanjang 200 meter. PKL tersebut mulai membuka lapak pukul 15.00 hingga pukul 23.00. Tak hanya di atas pedestrian, PKL juga berjejer di bahu jalan.

PKL sepanjang jalan itu pada dua sisi jalan berjualan pakaian, sepatu, aksesori wanita, mainan anak-anak, sayuran, dan lain sebagainya.

Keberadaan PKL ini juga kerap memicu kemacetan karena jalanan yang menyempit. 

( Kandi Gunawan )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.