Recent Posts

Pemuda Beli HP Pakai Uang Palsu Diringkus Polisi

Pelaku yang diamankan Polisi


News Inveatigasi.com,Jakarta--

Seorang warga Duri Kepa Kebon Jeruk berinial FH (20) diamankan Polisi lantaran nekat menggunakan uang palsu saat membeli ponsel korbannya di bilangan Jembatan Besi Tambora Jakarta Barat.

Pelaku yang juga merupakan pengemudi ojek online diamankan setelah korban mengetahui uang yang diberikan pelaku merupakan uang palsu.

Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat Kompol M Faruk Rozi mengatakan, pelaku mengenal korban melalui media sosial facebook yang kala itu korban akan menjual 1 unit ponsel. Kemudian pelaku menghubungi korban untuk membeli ponsel tersebut.

Saat melakukan transaksi antara pelaku dan korban di wilayah Jembatan Besi Tambora, korban mencurigai uang yang diterima dari pelaku terdapat keganjalan setelah pelaku membayarkan uang sebanyak 19 lembar uang pecahan seratus ribu sesuai kesepakatan dengan harga sebesar Rp 19 juta.

"Saat mencurigai hal tersebut kemudian korban meminta tolong warga sekitar untuk mengamankan pelaku dan melaporkannya ke Polsek Tambora," ujar kompol Faruk, Rabu (11/11/2020 )

Faruk menambahkan, dari hasil penyidikan didapat bahwa pelaku FH nekat melakukan perbuatannya tersebut lantaran ia juga telah menjadi korban dengan kasus serupa

Dihadapan penyidik, pelaku membeberkan bahwa mendapatkan uang tersebut dari hasil penjualan HP miliknya kepada orang yang tidak dia kenal dan bertransaksi di kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Kala itu, FH baru menyadari bahwa uang yang diterimanya tersebut adalah uang palsu.

Setelah mengetahui uang yang diterimanya tersebut palsu kemudian, muncul niat pelaku ingin membalas penipuan tersebut dengan mencari sasaran orang lain yang menjual HP di Media sosial Facebook untuk ditipu dengan menggunakan uang palsu yang dia peroleh

"Atas perbuatannya, pelaku kita kenakan pasal 36 ayat (3) Undang Undang RI No. 7 tahun 2011 tentang mata uang Jo 245 KUHP," tutup Faruk.

( Yoko gunawan )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.