Recent Posts

PMI Kab.Tangerang Merangkul FRBP, Menggelar Donor Darah Dimasa Covid-19

PMI merangkul Karang Taruna Pangkalan, FRBP ( forum remaja bakti peduli), Relawan Kemanusiaan dan Organisasi kepemudaan melaksanakan kegiatan donor darah di teluknaga.

News Investigasi.com,Tangerang--

Dalam masa pandemi wabah virus corona atau covid-19 yang keberadaannya masih sangat mengkwatirkan disetiap daerah dan perkotaaan.

Terlihat oleh awak media News Investigasi.com, PMI merangkul Karang Taruna Pangkalan, FRBP ( forum remaja bakti peduli), Relawan Kemanusiaan dan Organisasi kepemudaan melaksanakan kegiatan donor darah.

Dimasa pandemi COVID-19 membuat Palang Merah Indonesia (PMI) kekurangan stok darah antara 30 hingga 50 persen. Dibutuhkan lebih banyak lagi partisipasi masyarakat untuk mendonor.

Ketersediaan stok PMI sangat kurang karena darah itu tidak punya pabrik, pabriknya adalah manusia. Saat ini PMI kekurangan sekitar 30 sampai 50 persen,", di Teluknaga. Sabtu,( 05 Desember 2020 ). 

Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Kab Tangerang Sandi mengatakan kurangnya pasokan darah ini terus terjadi selama pandemi COVID-19. Bahkan pada bulan Desember 2020, stok darah di PMI menurun hingga 70 persen. Pasokan darah yang menurun drastis hingga 70 persen juga sempat terjadi pada pandemi ini.

Oleh karena itu, PMI merangkul Karang Taruna Pangkalan, FRBP ( forum remaja bakti peduli), Relawan Kemanusiaan dan Organisasi kepemudaan. Khususnya ornaisasi kepemudaan setempat. 

Kegiatan donor darah tersebut rutin diselenggarakan tiga bulan sekali diwilayah Teluknaga dan sekitarnya.Untuk bisa berpartisifasi dan mendonorkan darah agar bisa membantu pasien dengan penyakit yang membutuhkan transfusi darah secara rutin. 

Sandi menambahkan masyarakat tidak usah takut tertular COVID-19. Dia menyebutkan PMI telah menetapkan protokol kesehatan dan prosedur donor darah di tengah pandemi COVID-19 demi menjaga keamanan dan keselamatan pendonor dan petugas kesehatan.

Di masa pandemi PMI mengeluarkan protokol kesehatan tidak hanya bagi kami, tapi juga para calon pendonor yang datang Kantor Kepala Desa Pangkalan Kec. Teluknaga Kab. Tangerang" .

Dia mengatakan pihaknya selalu mendisinfeksi tiga kali sehari pada kursi donor, ruangan donor, dan peralatan donor. Petugas kesehatan juga mengenakan APD lengkap dalam proses pengambilan darah. Linda juga menyebut hingga saat ini belum ada laporan dan belum ada bukti bahwa COVID-19 bisa menular melalui transfusi darah, paling banyak melalui droplet.

PMI juga berterima kasih kepada bapak Ahmad Muhrim selaku Kepala Desa Pangkalan sudah menyediahkan tempat dan sarana pra sarana dalam kegiatan donor darah ini. Kata Sandi " selaku ketua pelaksana donor darah".Kata sandi.

Bripka Willy Bhabinkamtibmas Desa Pangkalan (Polsek Teluknaga), " Menyampaikan Himbauan Disiplin Protokol Kesehatan Dan Mengingatkan Kepada Warga Masyarakat Desa Pangkalan ".Agar Menggunakan Masker Dan Mencuci Tangan Dengan Sabun (Hand Sanitizer) Dan Tetap Menjaga Jarak Serta Hindari Berkerumun Dan Melaksanakan Disiplin 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).

Sebagai Bentuk Upaya Dalam Mendukung Program Program Pemerintah Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19.Ujarnya.

( Rozak )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.