Recent Posts

As.Sisca Pradita.S.H : Tangkap Dan Adili Penganiaya Wartawan Tempo Sesuai KUHAP

As.Sisca Pradita.S.H ( Pimpinan Redaksi News Investigasi.com )

JAKARTA, News Investigasi.com--

Penganiayaan kembali lagi terhadap salah satu koresponden Tempo, Nurhadi menjadi korban dugaan tindak penganiayaan.

As.Sisca Pradita.S.H Pimpinan Redaksi News Investigasi.com mengatakan, meminta Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta agar mengusut tuntas kasus kekerasan tersebut.

" Dan Kapolda Jatim agar mengusut tuntas kasus ini dan mengadili seadil-adilnya terhadap pelaku kekerasan kepada jurnalis," kata Sisca

Dia juga mendesak, pelaku dapat segera ditangkap dan di adili secara cepat. Hal itu sebagai bentuk jaminan rasa aman terhadap korban.

Sisca  menegaskan para wartawan saat melaksanakan tugas jurnalis dilindungi undang-undang dan mematuhi kode etik jurnalistik. Sehingga, katanya, apa yang dilakukan oknum aparat ini telah melanggar UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Beleid tersebut selain menjamin kebebasan pers di Indonesia, juga mengancam siapapun yang dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi kerja jurnalistik dapat dipidanakan.

Oleh karena itu, Sisca menyatakan perbuatan para pelaku penganiayaan Nurhadi telah mencederai nilai-nilai kebebasan pers, dan telah melukai hak publik untuk memperoleh keterbukaan informasi.

"Sebagai rekan-seperjuangan jurnalis (Nurhadi), tentu kami mengutuk keras pelaku kekerasan itu. Kita jurnalis dilindungi UU. Tidak benar bila Nurhadi diintimidasi dengan cara-cara arogan," kata Sisca.


"Jika pelaku kekerasan jurnalis ini dibiarkan, potensi pekerja pers yang lain, keselamatannya akan terancam. Makanya Say meminta agar polisi mengsut kasus ini," pintanya.

( RD)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.