Recent Posts

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto Aksi Mayday Akan Diisi Dengan Baksos dan Seminar Secara Prokes

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto 

SERANG,News Investigasi.com--

Polda Banten dan Polres Jajaran lakukan pengawalan dan pengamanan rencana giat serikat buruh pada peringatan Mayday Sabtu (01/05/21) besok.

Seperti diketahui, tanggal 1 Mei adalah Hari Buruh atau biasa disebut Mayday. Pada hari inilah biasanya buruh/pekerja yang tergabung dalam serikat buruh/serikat pekerja melakukan kegiatan untuk menyampaikan aksinya.

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto mengatakan dalam peringatan Mayday tahun 2021 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini karena masih pandemi Covid-19, jadi agak sedikit berbeda. Kali ini kami dari jajaran Polda Banten sudah melakukan kordinasi dan komunikasi dengan teman teman Serikat buruh baik di kota maupun tingkat provinsi.

Seandainya ada beberapa kelompok buruh yang akan ke jakarta, maka kita akan melakukan pengawalan dan pengamanan massa buruh yang melaksanakan kegiatan di wilayah hukum Polda Banten, dengan diawali dengan pemeriksaan swab antigen, menerapkan protokol kesehatan" kata Rudy Heriyanto, Jum'at (30/04/2021).

Ia juga menjelaskan dalam upaya Jalin Komunikasi dan mengarahkan kegiatan dan merubah bentuk pola aksi unjuk rasa menjadi kegiatan yang lebih positif dan humanis seperti bentuk kegiatan aksi bantuan dan baksos seperti santunan karyawan korban PHK, pembagian masker, santunan anak yatim, pembagian sembako, pembagian takjil, dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan, serta kegiatan seminar virtual buruh.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan jika jumlah buruh yang akan mengikuti aksi Mayday sebanyak 415 orang dari 8 elemen buruh se kab/kota yang ada di Banten, sedangkan Polda Banten akan memberi back up 300 personil yang bertugas pengamanan ke polres jajaran dengan meneruskan satgas Covid-19 bersama teman-teman TNI, Polri dan satpol pp.

"Aksi Mayday besok akan diisi dengan giat-giat baksos seperti yang dijelaskan bapak Kapolda tadi. Pelaksanaan baksos sendiri dilakukan di masing-masing wilayahnya. Seperti FSPMI Tangerang raya akan melakukan baksos pembagian 2000 paket takjil di depan gerbang Citra raya dan jalan baru Tigaraksa kabupaten Tangerang, KSPSI 1973 Pandeglang akan melakukan santunan anak yatim dan buka bersama di hotel mutiara Carita Pandeglang dan yang lainnya," jelas Edy Sumardi.

Kabidhumas juga mengapresiasi para Serikat Buruh yang mau merubah bentuk pola aksi unjuk rasa menjadi bentuk kegiatan aksi sosial.

"Semoga aksi sosial yang dilakukan oleh para serikat buruh dapat bermanfaat bagi yang menerimanya. Dan semoga kegiatan besok berjalan dengan lancar dan jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi peningkatan angka penularan Covid-19," tandasnya.

(RD)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.