Recent Posts

RIRI GUSDA.S.H : Igatkan Media Harus Berimbang Dalam Menyajikan Pemberitaannya

RIRI GUSDA.S.H 

JAKARTA, News Investigasi.com--

Riri Gusda & Partner ( Advokat ) muda Melenial mengatakan pemberitaan media harus berimbang agar informasi yang diberikan bisa mendidik masyarakat. 

"Media pemberitaan harus bisa merangkai informasi dari banyak sumber secara berimbang agar mendidik dan tidak membingungkan masyarakat," ujar Riri.Minggu (13-6-2021).

Riri Gusda .S.H beliau menyampaikan mencontohkan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin yang sempat mengkritik media Indonesia terkait pemberitaan masalah konflik Ukraina yang dia nilai hanya bersumber dari salah satu pihak.

"Mereka hanya ingin pemberitaan media yang berimbang. Sumber berita yang lebih banyak bisa memberikan informasi yang lebih objektif kepada masyarakat," tuturnya.

Karena itu, tambah Riri, media pemberitaan harus menganalisis sumber-sumber tersebut terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

"Tentu masyarakat akan senang jika media memberikan informasi padat dan gampang dicerna," tuturnya.

Riri menambahkan Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. 

Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia. 

Dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu, wartawan Indonesia juga menyadari adanya kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama.

Dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang, karena itu pers dituntut profesional dan terbuka untuk dikontrol oleh masyarakat.

Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme. 

Atas dasar itu, wartawan Indonesia menetapkan dan menaati Kode Etik Jurnalistik.Ujar Riri.

(RD)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.