Recent Posts

Diduga Membangun Tidak Memiliki Izin / IMB di Perumahan Citra Garden 1 RT 010 RW 016 Kalideres

Membangun diduga tidak Memiliki Izin atau IMB di Perumahan Citra Garden 1 Blok i 4 Nomor 7 RT 010 R016 Kelurahan Kalideres Kecamatan Kalideres Jakarta Barat.

JAKARTA, News Investigasi.com--

Banyak bangunan yang berdiri di Kalideres Jakarta Barat yang tidak memiliki izin atau IMB.

Terlihat oleh awak media News Investigasi.com, ada yang membangun diwilayah Perumahan Citra Garden 1 Blok i4 nomor 7  RT 010 RW 016 membangun tampah memperlihatkan izin atau IMB.

Dalam undang-undang yang berlaku di Indonesia Pasal 7 ayat 1 dan 2 UU No. 28/2020 tentang Bangunan Gedung, dijelaskan dalam mendirikan bangunan kita harus memiliki hak atas tanah, status kepemilikan bangunan, serta IMB.

Selain itu, dalam Pasal 40 ayat [2] huruf b UUBG juga kembali ditekankan, bahwa ketersediaan IMB dalam proses pembangunan rumah wajib hukumnya, hal ini menjadi keharusan bagi pemilik hunian.

Tidak sampai di situ, peraturan yang menyinggung rumah tanpa IMB kembali tertera pada PP No. 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Di dalam Pasal 14 ayat 1 dan 2 peraturan pemerintah tersebut bahkan disebutkan bahwa:

 

"Setiap orang yang ingin mendirikan bangunan gedung harus memiliki Izin Mendirikan Bangunan yang diberikan oleh pemerintah daerah (Pemda) melalui proses permohonan izin.Sebin ( 13-9-2021).

Pasal 24 angka 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja ("UU Cipta Kerja") yang mengubah Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung ("UU Bangunan Gedung ).

" Dan yang paling penting adanya pemberitauan terhadap RT dan RW setempat tatkala ingin melaksanakan Pembnaguna tersebut.

Ketua RT 010 RW 016 bapak Dasuki, sangat menyayangkan terhadap Pemilik tanah dan juga Pekerjanya yang tidak mengindahkan Prosedur kewilayaan dalam mendirikan bangunan, tidak ada pembicaraan terlebih dahulu.

Dan juga ditanah yang di bangun tidak terlihatnya nya Izin atau IMB dari Pemerintah daerah.

Dasuki berharap kepada lurah Kalideres dan Citata diharapkan bisa mengambil tindakan terhadap warga masyarakat yang tidak mengindahkan Prosedur wilayah apa lagi membangun tampah memliki Izin wilayah atau IMB tersebut.katanya.

( RD )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.