Recent Posts

As.Sisca Pradita.SH : Pendidikan Itu Merupakan Proses, Bukan Hasil

As.Sisca Pradita.SH ( Pemimpin Redaksi Media News Investigasi.com )

Www.News Investigasi.com,Jakarta--

Dalam Pendidikan itu merupakan proses, bukan hasil. Hal tersebut disampaikan As Sisca Pradita SH.


Sisca melanjutkan, proses membangun akal, proses membangun jiwa, proses membangun fisik, proses membangun kepribadian, dan sebagainya. Sehingga, tutur Uwi, hasil dari proses tersebut adalah bangunan kepribadian yang Islami yang sempurna dan menyeluruh.


 
Karena pendidikan adalah proses, menurut Sisca maka ukurannya tidak semata dari nilai yang diperoleh. Tetapi justru dilihat dari bagaimana proses yang dilalui untuk memperoleh nilai tersebut dan juga korelasi antara nilai tersebut dengan implementasinya.

"Untuk itu setiap orang tua harus menyadari bahwa, setiap anak yang lahir dari rahim ibunya dalam kondisi fitrah," ujar  Sisca.

Karena dalam kondisi fitrah, imbuh Sisca, setiap anak pada mulanya menyukai kebaikan (ma'ruf) dan membenci keburukan (mungkar). Sebagai contohnya yaitu anak-anak itu fitrahnya jujur, amanah, santun, dan tidak suka mencaci maki, tidak suka berbohong, tidak suka sifat-sifat yang tidak terpuji lainnya..

Sisca mengungkapkan, dalam menentukan pendidikan buah hati, pastikan bahwa fitrah anak tersebut dapat menemukan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembang fitrah anak tersebut. Lingkungan yang tidak hanya berorientasi pada capaian akal, yaitu nilai akademis yang tinggi, tetapi juga berorientasi pada capaian spirital, yaitu nilai aqidah dan akhlak yang baik.


 
"Lingkungan yang tidak hanya berorientasi pada capaian fisik yang sehat dan kuat, tetapi berorientasi juga pada capaian hati dan jiwa anak yang mulia. Yaitu pendidikan yang holistik, yaitu pendidikan yang menerapkan olah religi untuk kecerdasan spiritual, olah rasio untuk kecerdasan akal, olah rasa untuk kecerdasan emosional dan juga raga untuk kecerdasan fisik," demikian tutup Sisca.

( AS )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.