Recent Posts

Pilih Dulu! Ini 5 Jenis Pakaian Olahraga yang Nyaman untuk Anak


Anak-anak bermain Spikeball di Spikeball Rookie Kith. (ttps://unsplash.com/photos/yKsBMhgNpRs)

Olahraga rutin akan membuat badan menjadi lebih sehat dan bersemangat dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Bahkan anak kecil juga harus mulai membiasakan untuk berolahraga. Meskipun bukan pekerjaan yang berat, akan tetapi bagi orang yang tidak terbiasa olahraga menjadi sebuah tantangan tersendiri. Terkadang timbul rasa malas dalam berolahraga, khususnya anak-anak yang belum paham akan pentingnya olahraga.

Nah, Anda sebagai orang tua harus bisa mengajarkan kebiasaan untuk berolahraga. Selain hal terpenting yakni menyiapkan faktor pendukung agar olahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Sehingga anak-anak tidak enggan untuk berolahraga. Salah satunya, Anda harus mengetahui jenis pakaian olahraga anak yang aman dan nyaman saat digunakan. Pakaian yang nyaman akan membuat anak-anak betah berolahraga, lho.

5 Cara Memilih Pakaian Olahraga untuk Anak

Pada dasarnya memilih pakaian olahraga untuk bukanlah perkara yang sulit. Akan tetapi Anda harus teliti dan cermat untuk memilihnya. Terkadang ada beberapa pakaian olahraga yang kurang nyaman bagi anak, baik dari segi model maupun bahan yang digunakan. Ini akan membuat anak enggan untuk melakukan olahraga. Nah, agar tidak salah pilih ada baiknya untuk mengetahui tips memilih pakaian olahraga untuk anak.

1. Pilih Bahan Pakaian yang Tepat

Pakaian olahraga akan nyaman digunakan apabila memiliki bahan yang tepat pula. Setiap jenis bahan pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing jika digunakan untuk aktivitas olahraga. Misalnya saja, bahan katun memiliki keunggulan mudah menyerap keringat sehingga panas tubuh tidak akan terperangkap. Namun memiliki kekurangan karena jika terlalu lama digunakan untuk aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat ia akan terasa berat di badan.

Beda hal lagi dengan kain sintetis seperti polypropylene. Bahan ini memiliki keunggulan mudah melakukan proses penguapan keringat di tubuh dan menjaga suhu tubuh tetap stabil selama beraktivitas. Nah, bahan jenis ini sangat tepat digunakan oleh anak-anak untuk aktivitas olahraga yang berkeringat karena nyaman digunakan dalam durasi yang lumayan lama.

Alangkah baiknya, Anda menghindari penggunaan bahan pakaian olahraga yang terbuat dari plastik dan karet. Bahan ini dinilai kurang baik karena tidak dapat menyerap keringat. Kondisi demikian dapat membuat suhu tubuh Anda tidak stabil dan fatalnya dapat membuat masuk angin.

2. Pilih Ukuran yang Sesuai

Tidak hanya bahan pakaian saja yang harus diperhatikan, memilih ukuran yang pas dengan kondisi tubuh juga sangat dianjurkan. Anda tidak disarankan untuk memilih jenis pakaian olahraga anak yang terlalu longgar hingga terlalu ketat sehingga menyulitkan gerakan dalam olahraga.

Sebaiknya gunakan ukuran pakaian yang sedang, artinya dapat digunakan untuk meregangkan badan. Ini berlaku pada jenis olahraga yoga maupun pilates. Pakaian yang molor akan memudahkan Anda untuk bergerak secara fleksibel. Kondisi demikian akan membuat tubuh terasa nyaman saat menggunakan.

Lain hal jika melakukan olahraga lari ataupun bersepeda. Anda harus menggunakan celana training yang sedikit longgar. Ini akan memudahkan Anda untuk bergerak maupun berpindah dari tempat satu ke tempat lain. Selain itu, celana yang longgar akan melindungi bagian kaki dari cedera akibat terbentur maupun terjatuh saat berolahraga.

3. Pemilihan Warna yang Tepat

Warna pakaian juga dapat mempengaruhi semangat dalam melakukan olahraga lho terlebih untuk anak-anak. Umumnya, baju olahraga anak sekolah didesain dengan warna-warna yang cerah. Ini bermaksud agar suasana hati saat berolahraga menjadi lebih ceria dan gembira.

Anda sebaiknya memilih warna pakaian olahraga yang cerah dan warna yang beraneka ragam. Contoh warna baju olahraga yang cerah yakni kuning, oren, hijau muda, dan masih banyak lagi. Anda sebaiknya memiliki dua pakaian olahraga anak dengan warna yang cerah. Sehingga dapat digunakan secara bergantian agar tidak muncul rasa bosan dalam berolahraga karena pakaian yang itu-itu saja.

Anda dapat melihat warna baju olahraga anak sd sebagai referensi dalam memilih pakaian olahraga untuk buah hati. Hindari pemilihan warna yang gelap karena anak-anak cenderung kurang menyukainya. Warna-warna yang terang justru akan membangkitkan semangat anak dalam berolahraga karena terlihat fresh.

4. Pilih Sepatu yang Sesuai

Sepatu merupakan pelengkap dalam berolahraga. Sepatu menjadi barang wajib yang harus dikenakan saat olahraga, terutama untuk olahraga di luar ruangan. Sepatu dapat melindungi Anda dari berbagai benturan maupun goresan saat berolahraga. Selain itu, juga dapat meminimalisir cedera.

Namun jangan sampai salah dalam memilih ukuran sepatu. Ukuran sepatu yang terlalu kecil maupun yang kebesaran akan membuat olahraga menjadi tidak nyaman. Kaki bisa saja lecet maupun terluka karena penggunaan ukuran sepatu yang salah.

Anda juga harus memilih sol sepatu yang kuat sehingga tidak mudah rusak saat digunakan untuk berolahraga. Ada baiknya Anda menggunakan jenis sepatu yang sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan. Misalnya saja, sepatu untuk jenis olahraga lari dan sepak bola itu berbeda. Selain itu, tidak kalah penting juga untuk memakai pelindung bagian siku dan lutut.

5. Pilih Model Pakaian yang Nyaman

Model pakaian yang tepat akan membuat kegiatan berolahraga menjadi lebih nyaman. Salah satunya yakni dengan menggunakan jersey. Jersey merupakan baju olahraga anak laki-laki yang biasanya digunakan untuk olahraga outdoor seperti futsal, sepakbola maupun jenis olahraga outdoor yang lain. Namun, yang perlu digaris bawahi yakni memilih jersey yang nyaman seperti bahan dan model yang sesuai dengan tubuh.

Nah, untuk menemukan jersey dengan pilihan yang beragam Anda dapat menemukannya di Blibli. Blibli menyediakan berbagai pilihan motif, bahan, model jersey yang trendy untuk pakaian olahraga anak-anak. Tentu dengan range harga yang beraneka ragam dan dapat disesuaikan dengan anggaran Anda.

Nah, sekarang sudah memahami jenis pakaian olahraga anak kan? Yups, Anda dapat menemukan berbagai perlengkapan olahraga yang lengkap di Blibli.com. Blibli merupakan salah satu marketplace terbaik di Indonesia dengan menyediakan berbagai barang kebutuhan yang super lengkap. Jangan lewatkan juga untuk menggunakan promo Ramadan dengan belanja di Blibli.

 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.