Recent Posts

As.Sisca Pradita.SH : Manfaat Mengingat Kematian

As.Sisca Pradita.SH ( Pemimpin Redaksi Media News Investigasi.com )

JAKARTA, News Investigasi.com--

Kematian merupakan suatu hal yang tidak bisa kita hindari, walaupun kita bersembunyi di dalam peti besi lagi kokoh sekalipun. 

Tapi kalau giliran sudah datang, kita tetap harus berangkat dari dunia yang fana ini. Kenapa sekarang kita masih hidup? Sebenarnya hidup kita sekarang sedang menunggu giliran, tak lebih dari itu. 

Sahabat..! Berikut ini ada beberapa faedah atau manfaat ketika kita mengingat mati, sebagaimana penjelasan para ulama dan juga bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. 

Siapapun diri kita, suatu saat pasti akan dibungkus dengan kain kafan. Pada saat itu kita pasrah dan tidak bisa berbuat apa apa lagi. Mari kita lihat beberapa hal penting dibawah ini ketika kita sering mengingat mati.

1). Karena mengingat mati termasuk ibadah tersendiri, dengan mengingat mati seseorang telah mendapat ganjaran dari Allah SWT, karena inilah yang selalu dianjurkan oleh Nabi kita Rasulullah Muhammad Saw.

2). Mengingat mati dapat membantu kita dalam beribadah, termasuk dalam melaksanakan shalat dan lain lain.

3). Mengingat mati menjadikan seseorang semakin mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Allah. Karena barangsiapa yang mengetahui bahwa ia akan mati kelak, ia pasti berjumpa dengan Allah, dan mempertanggung jawabkan segala perbuatan yang pernah ia lakukan selama hidup di dunia.

4). Mengingat mati juga dapat melembutkan hati kita yang keras dan lalai. Bila seseorang tidak bisa lagi menjadi nasehat dengan mengingat mati, berarti hatinya itu sudah benar benar keras seperti batu. Atau, orang tersebut tidak lagi punya hati.

Naudzubillahimindzalik. Maka dari itu, perbanyaklah mengingat mati dalam hidup ini, agar kita tidak menyesal di akhir hidup kita nanti. Bayangkan selalu bahwa rumah kita nanti adalah lubang dibawah tanah, yang ditandai dengan lambang dua batu nisan di atasnya. Demikian, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, termasuk untuk saya sendiri.

( RD )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.