Recent Posts

Ahmad Riza Patria Tepis Sumur Resapan di Kalideres Jadi Biang Kerok Banjir

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria 


Www.News Investigasi.com,Jakarta--

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menepis anggapan soal sumur resapan disebut jadi biang kerok munculnya genangan air di kawasan Kalideres, Jakarta Barat. Sebaliknya, Riza menilai sumur resapan terbukti efektif mengurangi banjir.
"Logikanya nggak ada hubungan, masa ada sumur resapan (dari) tidak banjir menjadi banjir. 

Justru dengan hadirnya sumur resapan dia dapat mengurangi bahkan menghilangkan genangan atau adanya potensi banjir," kata Riza kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

"Justru dengan hadirnya sumur resapan dia dapat mengurangi bahkan menghilangkan genangan atau adanya potensi banjir. Karena salah satu fungsi sumur resapan dia dapat menampung air," sambungnya.

Permasalahan Sumur Resapan'. Dalam dokumen itu, PSI menghimpun sejumlah aduan mengenai proyek sumur resapan, salah satunya di Kawasan Citra 1, Kalideres, Jakarta Barat. 

Dokumen itu juga disertakan dengan foto perbandingan sebelum dan sesudah adanya sumur resapan.

Selain di Kalideres, PSI mendapatkan keluhan pembangunan sumur resapan di kawasan lainnya. Seperti di Cipinang Indah yang menimbulkan kerusakan jalan serta di Rumah Susun Bidara Cina, Jatinegara, yang sumur resapannya tidak dilengkapi penutup.

Kembali ke Riza, dia mengatakan, dengan adanya sumur resapan, sejumlah daerah melaporkan pengurangan jumlah genangan air pasca-hujan lebat. Salah satunya di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Faktanya di banyak tempat, di Karanganyar, Fatmawati, tempat lain yang tadinya ada genangan ada banjir tidak lagi. Jadi harus dilihat secara umum, jangan dilihat kasus per kasus. Secara umum dengan hadirnya sumur resapan sangat membantu," ujarnya.

Politikus Gerindra itu tak menampik ada sumur resapan dilaporkan mengalami kerusakan di beberapa titik. Meski demikian, dia meminta agar efektivitas sumur resapan tak dilihat melalui satu lokasi.

Ke depan, dia juga memastikan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air melakukan fungsi pengawasan terhadap kinerja kontraktor dalam membangun sumur resapan.

"Terkait masih ada yang belom sempurna pengerjaannya, tugas Dinas SDA memastikan kontraktor-kontraktor yang diberi tugas melaksanakan sebaik-baiknya, kalau tidak diberi sanksi," tegasnya.

( RD)
/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.