Recent Posts

7 Bangunan Hangus di Lalap Sijago Merah Gegara Petasan di Kemayoran


Kondisi 7  Bangunan Hangus Terbakar Gegara Petasan, Begini Kondisinya di Kemayoran, Jakpus

Www.News Investigasi.com,Jakarta--


Bangunan di kawasan padat penduduk di RT 007 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, diduga hangus terbakar akibat petasan jangwe pada malam perayaan tahun baru. Pascakejadian, warga yang terdampak mulai menyisir sisa-sisa bangunan kebakaran untuk mencari barang yang bisa diselamatkan.
Ketua RT 07 Dian Rusiani menyebut bangunan yang terbakar merupakan bangunan semipermanen. Dia menyebut ada tujuh bangunan kos-kosan yang hangus terbakar.

"Tujuhlah, bangunan semipermanen. Yang saya tahu, satu bangunan kontrakan, kos-kosan 1 bangunan 15 pintu ada. Ada 1 lagi bangunan 7 pintu, depannya buat usaha kayu, ada yang begitu," kata Ketua RT 07 Dian Rusiani.Sabtu (01/01/2022).

Dia menyebut sementara ini baru ada 48 jiwa yang telah melapor kepadanya, namun data korban yang terdampak ini dipastikan akan bertambah. Dia menyebut beberapa warga yang terdampak saat ini tengah diarahkan untuk mengungsi ke SMKN 21.

"Sudah melapor 48 jiwa. Masih ada penambahan lagi. (Posko) warga di satu titik, untungnya ada penampungan sementara di SMK 21," sambungnya.

Pantauan tim News Investigasi.com, Sabtu (01/01/2022), lokasi kebakaran di Kebon Kosong, Kemayoran, tersebut sudah dipasangi garis polisi di sekelilingnya. Namun tampak warga yang masih mengunjungi lokasi kebakaran tersebut. Bahkan ada beberapa warga yang masih mencari barang sisa kebakaran yang mungkin masih bisa dimanfaatkan.

Salah satu korban kebakaran Eka Saputra mengaku mencoba memilah barang sisa kebakaran yang masih dapat digunakan. Dia mengaku seluruh barangnya hangus terbakar, termasuk pakaian dan surat berharga, seperti BPKB motor.

"Ini barang-barang yang masih dipergunain, dipakai. Iya, maksudnya daripada saya beli. Peralatan segala macam. Ini habis semua barang saya, cuma baju doang. Ludes semua. Baju-baju semua habis. BPKB motor kebakar juga," kata Eka Saputra, Sabtu (01/01/2022).


Seperti diketahui, bangunan di Kemayoran hangus terbakar pada Jumat (31/12/2021). Diduga penyebabnya adalah petasan jangwe yang dinyalakan oleh seorang bocah tidak dapat dikendalikan, sehingga mengarah ke salah satu bangunan di kawasan tersebut.

"Informasi dari warga, ada beberapa anak yang bermain petasan jangwe. Petasan tersebut tidak terarah dan menyambar salah satu lapak yang berisi tumpukan kayu-kayu, kemudian api langsung membesar dan tidak terkendali," jelas juru bicara Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Mulat Wijayanto dalam keterangannya, Sabtu (1/1).

( DT)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.